Ushuluddin, Adab & Dakwah | IAIN Pekalongan

Peningkatan Kompetensi Dakwah Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Berbasis Teknologi Komunikasi di IAIN Pekalongan

E-mail Print PDF
IMG 0119
 
Saat ini perkembangan teknologi komunikasi semakin pesat diantaranya dengan kehadiran media sosial dengan konten-konten yang beraneka ragam. Media sosial kini tidak hanya sebagai media entertainment (hiburan) saja tetapi dapat dijadikan sebagai media dakwahtainment, yakni berdakwah dengan memanfaatkan media dengan konten yang menghibur. Untuk menciptakan konten dakwah yang menarik diperlukan kreativitas dan inovasi dari para da'i.
 
Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Pekalongan yang berupaya mencetak generasi muda yang kreatif dan inovatif dalam rangka menyebarkan pesan-pesan amr ma'ruf nahi munkar yang memberikan manfaat bagi banyak orang melalui berbagai media utamanya teknologi komunikasi sehingga diharapkan mahasiswa KPI punya bekal yang cukup dan memiliki daya saing yang tinggi mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini sesuai dengan pesan dari Dr. Imam Kanafi, M.Ag. selaku Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Pekalongan, "Setiap alumni FUAD IAIN Pekalongan harus menyebarkan pesan-pesan dakwah wherever, whenever and however."
 
IMG 0153
 
Salah satu program yang telah dilaksanakan di Jurusan KPI adalah " Peningkatan Kompetensi Dakwah Mahasiswa Berbasis Teknologi Komunikasi di Fakultas Ushuluddin, Adab , dan Dakwah IAIN Pekalongan". Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka habituasi dan aktualisasi oleh peserta latsar CPNS, Vyki Mazaya, M.S.I. sebagai CPNS Dosen Ilmu Dakwah dibimbing oleh Dr. Tri Astutik Haryati, M.Ag. (Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Pekalongan) sebagai mentor. Kegiatan ini mendapat dukungan dari ketua jurusan KPI, H. Muhandis Azzuhri, Lc., MA. karena meningkatkan skill mahasiswa dalam bidang kepenyiaran Islam. Beberapa kegiatan habituasi dan aktualisasi yang dilaksanakan selama 80 hari terhitung dari 4 Juni-8 Oktober 2018, yaitu:
1. Perencanaan model kuliah berbasis teknologi komunikasi
2. Peningkatan pengetahuan mahasiswa tentanh teori dasar teknik kamera
3. Penyesuaian media perkuliahan yang berbasis teknologi komunikasi
4. Pendampingan terhadap mahasiswa dalam produksi video dakwah.
5. Mengevaluasi video dakwah.
 
Dalam kegiatan ini, mahasiswa dituntut aktif, kreatif dan inovatif dalam memproduksi konten dakwah berupa video dakwah yang dilaksanakan dalam mata kuliah Sinematografi. Mahasiswa dibekali dengan keterampilan mulai dari persiapan pembuatan video, teori dasar teknik kamera, pendampingan dalam produksi video dakwah hingga evaluasi terhadap video dakwah mahasiswa. Vyki berharap mahasiswa KPI mampu menjadi produser video dakwah yang handal dan mengikuti perkembangan zaman dengan karya-karya yang berkualitas baik dari isi maupun tampilan. Terus berkarya, KPI kreatif !!