Ushuluddin, Adab & Dakwah | IAIN Pekalongan

Perkuat Kelembagaan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya berkunjung ke Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Pekalongan

E-mail Print PDF

Untitled 2

Pekalongan (20/5) – Bertempat di Ruang Meeting LT. 2, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Pekalongan menerima kunjungan kelembagaan dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Ampel. Maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut adalah dalam rangka penguatan kelembagaan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dekan FDK UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. H. Abd. Halim, M.Ag., menyampaikan bahwa diperlukan adanya kerjasama yang baik antar Fakultas dari berbagai perguruan tinggi untuk memperkuat kelembagaan fakultas, khususnya dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa FDK UIN Sunan Ampel Surabaya menawarkan kerjasama dengan FUAD IAIN Pekalongan.

Dr. H. Abd. Halim, M.Ag., melanjutkan bahwa agenda kerjasama yang dapat segera direalisasikan adalah kerjasama dalam bidang penelitian yang membahas riset tentang Dakwah oleh Wali Songo di tanah Jawa. Riset tentang Wali Songo tersebut didasarkan atas 5 (lima) hal penting, yaitu historis, ideologis, genealogis, simbolis, dan sosiologis, sehingga tidak hanya nama Wali Songo saja yang tercantum sebagai nama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, namun lebih dari itu, semangat syiar dakwah dari Wali Songo sebagai peletak pondasi dakwah wasathiyah nusantara juga dapat terinternalisasi dengan baik ke seluruh civitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Maksud dan tujuan tersebut disambut baik oleh Dekan FUAD IAIN Pekalongan, Dr. H. Sam’ani, M.Ag., yang menyampaikan bahwa FUAD IAIN Pekalongan siap bekerjasama dengan pihak FDK UIN Sunan Ampel Surabaya untuk memperkuat kelembagaan, khususnya dalam mensukseskan riset tentang Wali Songo tersebut. Hal ini dikarenakan, beberapa Dosen di lingkungan FUAD IAIN Pekalongan memiliki kompetensi dan kemampuan yang baik dalam membahas riset tentang Ilmu Dakwah, Filsafat Jawa, Semiotika, Sosiologi dan lain sebagainya.

Untitled 3

Pertemuan ditutup dengan penyerahan cinderamata dari FDK UIN Sunan Ampel Surabaya berupa Dummy Book hasil riset tentang salah satu Wali Songo, yaitu Sunan Ampel.