Ushuluddin, Adab & Dakwah | IAIN Pekalongan

Perkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi, Institut Daarul Qur’an Jakarta Jalin Kerjasama dengan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Pekalongan

E-mail Print PDF
Perkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi, Institut Daarul Qur’an Jakarta Jalin Kerjasama dengan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Pekalongan 
IMG 20210909 003902
Tugas perguruan tinggi secara umum meliputi tiga bidang yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Tiga bidang tersebut bertujuan menyiapkan lulusan agar siap memberikan kontribusi di tengah masyarakat serta siap berkompetisi di dunia kerja. Dalam rangka memperkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi, Institut Daarul Qur’an Jakarta menjadikan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah menjadi sasaran untuk sharing sekaligus melakukan kesepakatan bersama Memorandum of Understanding (MoU).
Pada hari Rabu, 8 September 2021, rombongan dari Institut Daarul Qur’an Jakarta mengunjungi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pekalongan untuk melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama Memorandum of Understanding (MoU) antara Institut Daarul Qur’an dengan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Selain MoU antar fakultas, dalam kesempatan ini juga melakukan MoU penandatanganan Kesepakatan Bersama Memorandum of Understanding (MoU) antara Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir serta Prodi Ilmu Hadits Institut Daarul Qur’an jakarta dengan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Pekalongan.
Acara yang digelar di ruang meeting lantai 2 Gedung F Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Pekalongan diikuti oleh lima orang pimpinan dari Institut Daarul Qur’an Jakarta dan para pimpinan jajaran dekanat serta jurusan. Muallim selaku Dekan Fakultas Ushuluddin Institut Daarul Qur’an jakarta menjelaskan bahwa penandatanganan kesepakatan kerjasama ini dimaksudkan agar Institut Daarul Qur’an yang  masih baru berdiri pada 19 Februari 2020 dapat bekerjasama dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama kesiapan untuk melakukan akreditasi 9 kriteria. Senada dengan itu, Sam’ani Sya’roni selaku Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Pekalongan, menyampaikan bahwa kerjasama ini tidak hanya dalam bentuk selembar kertas tetapi yang dibutuhkan adalah implementasi MoU-nya yang berguna dalam mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 
Dengan kerjasama tersebut, maka Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Pekalongan siap menjadi mitra dari Institut Daarul Qur’an Jakarta dalam pengembangan aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kesepakatan kerjasama tersebut dilakukan untuk jangka waktu lima tahun serta dan akan ditinjau ulang setiap satu tahun sekali guna meningkatkan efektivitas program yang dihasilkan dari MoU tersebut.