Ushuluddin, Adab & Dakwah | IAIN Pekalongan

Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Kemas Sosialisasi Pembelajaran Tahun 2021/2022 dengan Talk Show dan Podcast

E-mail Print PDF

Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Kemas Sosialisasi Pembelajaran Tahun 2021/2022

dengan Talk Show dan Podcast

sospem 2

FUAD (Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah) laksanakan Sosialisasi Pembelajaran Tahun Akademik 2021/2022 dengan kemasan lebih berbeda. Ditahun ini ada dua model pelaksanaan ialah ditingkat Dekanat talk show sedangkan ditingkat jurusan yaitu podcast. Pelaksanaan Sosialisasi Pembelajaran dilakukan di gedung F (Lokasi Perkantoran) Fakultas Lt. 2 pada 7 ruang ialah meeting room sebagai ruang utama talk show dan enam laboratorium sebagai ruang podcast masing-masing jurusan. Sosialiasi pembelajaran (Sospem) diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru tahun akademik 2021/2022 dan Seluruh dosen melalui kanal Zoom Meeting dan Youtube. (7/09/2021)

sospem 3

Kegiatan Sospem dibuka pukul 10.00 oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, dalam sambutan pembukaan Dr. Sam’ani menjelasakan bahwa “Kegiatan sosialisasi pembelajaran ini dilaksanakan dengan daring, masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun meski daring kegiatan ini tetap akan memberikan pemahaman secara komprehensif tentang pembelajaran di lingkungan FUAD. Selain itu bahwa tema kita Sospem tahun ini ialah Mewujudkan Budaya Merdeka Belajar Bagi Mahasiswa sebagai Duta Moderasi Beragama Menyongsong Idonesia Emas. Tema ini sangat mendukung sekali dengan perkembangan teknologi tanpa mengurangi ciri khas keilmuan, mengapa?

Karena tagline moderasi beragama terus menggaung dan menjadi nafas di setiap matakuliah apapun yang temen-temen mahasiswa baru terima baik itu dengan mtode daring maupun luring. Apalagi nanti kedepan merdeka belajar akan membantu temen-temen ikut aktif dalam perkuiahan lintah fakultas pada universitas atau instut perguruan tinggi luar. Hal inilah mengapa Fakultas sangat konsen dengan kemajuan model pembelajaran agar apa? Agar mahasiswa kita ini mampu menunjukkan dirinya pula di universitas- universitas luar”

sospem4

Selain itu, Dr. Muhandis Azzuhri sebagai koordinator pelaksana dan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan menambahkan “Kegiatan ini dikonsep dengan lebih renyah oleh tim untuk mengurangi sifat jenuh dan memperhatikan tujuan sasaran. Diharapkan pemahaman tentang pembelajaran di tahun ini akan lebih bisa dipahami oleh temen-temen mahasiswa baru, mengurangi unsur kejenuhan, dan bisa lebih interaktif terhadap masing-masing jurusan. Karena selain talk show untuk para dekan dan wakil dekan juga ada podcast bagi masing-masing jurusan. Kegiatan pagi ialah talkshow oleh Dekan, Wakil Dekan I, II, dan III dipandu oleh Nurul Maysal, M. H.I. namun sebelum talkshow dimulai diputarkan vidio sosialiasi Dekanat. Setelah waktu ISHOMA pukul 13.00 tim pelaksana akan melakukan breakout zoom sehingga Mahasiswa Baru masuk pada ruang podcast jurusan masing-masing. Podcast tersebut diisi oleh sekretaris dan ketua jurusan masing-masing dengan tema Sosialisasi Pembelajaran dan Ruang Lingkup Keilmuan Jurusan. Kegiatan ini diharakan mahasiswa baru lebih bisa mengenal Kajur dan Sekjur masing- masing selain itu juga agar mengetahui lebih komprehensif tentang sistem perkuliahan dan Tata kelola administrasi FUAD”

Sosialisasi Pembelajaran (Sospem) di skors oleh tim pelaksana pukul 15.30 karena akan ada kegiatan selanjutnya oleh ORMAWA (Organisasi Mahasiswa) di hari berikutnya ialah 08 September 2021. Sekaligus ditanggal 8 September 2021 tersebut akan ada penutupan oleh Pak pihak Dekanat yang akan wakilkan Dr. Muhandis Azzuhri.