Ushuluddin, Adab & Dakwah | IAIN Pekalongan

Perkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi, FUAD Teken MoU dengan UMC dan IAIN Syeikh Nurjati Cirebon

E-mail Print PDF

 

Pekalongan (5/4) – Guna memperkuat kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Pekalongan teken nota kesepahaman / Memorandum of Understanding (MoU) dengan FISIP dan FAI Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) dan FUAD IAIN Syeikh Nurjati Cirebon. Penandatanganan MoU dengan FISIP dan FAI UMC dilaksanakan pada Rabu (30/3/2022) di aula kampus UMC, adapun penandatanganan MoU dengan FUAD IAIN Syeikh Nurjati dilakukan pada Kamis (31/3/2022) di ruang rapat kampus FUAD IAIN Syeikh Nurjati, Cirebon.

Selain agenda penandatanganan MoU, kunjungan FUAD IAIN Pekalongan ke dua kampus tersebut juga dimaksudkan untuk membandingkan kebijakan/praktik (external benchmarking) akreditasi 9 kriteria ke jurusan-jurusan yang telah terlebih dahulu melaksanakan akreditasi. “Selain menjalin kerja sama antar perguruan tinggi, tujuan lain FUAD hadir ke Cirebon adalah untuk external benchmarking jurusan-jurusan di UMC yang sebelumnya telah melaksanakan akreditasi 9 kriteria. Karena dalam waktu yang tidak lama, jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) akan re-Akreditasi,” papar Dekan FUAD IAIN Pekalongan Dr. Sam’ani, M.Ag saat memberikan sambutan di UMC.

Sementara itu, Wakil Rektor I UMC M. Nana Trisolvena, M.T. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan FUAD IAIN Pekalongan ke UMC. M. Nana menyebut penandatanganan MoU antara FUAD IAIN Pekalongan dengan dua fakultas UMC merupakan kesempatan yang baik untuk memperkuat kerja sama Tri Dharma antar kedua perguruan tinggi.  Pasca penandatanganan MoU, penguatan tri dharma perguruan tinggi langsung dijewantahkan dalam diskusi mengenai pengembangan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Adapun diskusi mengenai MBKM dipimpin oleh Dr. Fahri Fajrin Kurniawan, M.Pd., selaku Sekretaris Lembaga Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Cirebon.

 

Lebih lanjut, kunjungan FUAD IAIN Pekalongan ke UMC dan IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga dalam rangka penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antar jurusan/program studi. Penandatanganan SPK melibatkan jurusan IAT IAIN Pekalongan dengan program studi IAT Universitas Muhammadiyah Cirebon, jurusan KPI IAIN Pekalongan dengan program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Cirebon. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan SPK oleh jurusan IAT IAIN Pekalongan Program Studi IAT IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan jurusan KPI IAIN Pekalongan dan program studi KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.