Ushuluddin, Adab & Dakwah | IAIN Pekalongan

Capaian Pembelajaran Lulusan Tasawuf dan Psikoterapi

E-mail Print PDF

Capaian Pembelajaran Lulusan
Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Jenjang Sarjana (Level 6 dalam KKNI)

A.   Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Sikap dan Tata Nilai
A1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius dalam kehidupan perseorangan, masyarakat dan bangsa;
A2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalaam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
A3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
A4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
A5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain;
A6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
A7. Menunjukkan sikap taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
A8. Meninternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam kehidupan di masyarakat dan di negara;
A9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri;
A10. Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan di tempat tugas dan di masyarakat;
A11. Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman dalam kehidupan di masyarakat dan di negara;
A12. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya;
A13. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi masyarakat;
A14. Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self-direction), secara baik dan penuhinisitaif di tempat tugas;
A15. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;
A16. Menunjukkan etos kerja, rasa bangga, percaya diri dan menghargai bidang tugas sebagai praktisi tasawuf dan psikoterapi dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan;
A17. Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan secara mandiri di bidang pengembangan tasawuf dan psikoterapi dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan;
A18. Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pengembangan kajian tasawuf dan psikoterapi dan penyampaiannya dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan.

 

B. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Pengetahuan
B1. Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
B2. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
B3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
B4. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
B5. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin
B6. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
B7. Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global;
B8. Memiliki pengetahuan yang mendalam tentang tasawuf dan psikoterapi penyembuhan cara sufi, dan tasawuf terapan;
B9. Memiliki pengetahuan tentang psikoterapi yang mencakup berbagai macam metode dan teknik terapi, serta memiliki pengetahuan tentang ilmu kesehatan dasar dan pengobatan dengan menggunakan obat-obtatan tradisional;
B10. Memiliki pengetahuan tentang seluk-beluk psikologi, seperti pesikologi konseling, pengukuran psikologi, psikologi eksperimen, psikologi klinis, psikologi transpersonal, psikoneuroimunologi;
B11. Memiliki pengetahuan tentang berbagai macam metode dan Teknik konsultasi dan konseling;
B12. Menguasai berbagai Jenis layanan dalam tasawuf dan psikoterapi seperti layanan konsultasi dan bimbingan tasawuf, layanan hipnoterapi, layanan motivasi, layanan terapi, layanan orientasi, informasi, penguasaan konten, bimbingan kelompok, konseling sufistik, mediasi, konsultasi;
B13. Menguasai tata cara mendesain dan mengembangkan instrumentasi terapi dan pengolahan data untuk pelaksanaan psikoterapi secara tepat.

 

C. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Keterampilan Umum
C1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
C2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
C3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
C4. Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
C5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
C6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
C7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
C8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
C9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi;
C10. Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasidan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
C11. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
C12. Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja;
C13. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid;
C14. Mampu menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma);
C15. Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.

 

D. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Keterampilan Khusus
D1. Mampu menerapkan berbagai jenis terapi sufistik dan konseling sufistik sesuai dengan permasalahan kejiwaan yang dihadapi individu dan masyarakat;
D2. Mampu mengembangkan dan mengaplikasikan instrumentasi terapi kejiwaan berdasarkan keilmuan tasawuf dan psikoterapi;
D3. Mampu mengidentifikasi, mendiagnosis dan memetakan serta menganalisis berbagai permasalahan kejiwaan manusia untuk dirumuskan formulasi pemecahannya secara tepat melalui penelitian dan pengkajian dalam keilmuan tasawuf dan psikoterapi;
D4. Mampu menyusun desain pengembangan diri secara positif pada manusia melalui kerangka keilmuan tasawuf dan psikoterapi;
D5. Mampu menghafal beberapa surat dalam al-qur’an yaitu QS Ya Sin, QS Al Kahfi, QS Ar Rahman, QS Al Waqi’ah, dan QS Al Mulk;
D6. Mampu menghafal hadis-hadit yang bermuatan bidang kajian tasawuf dan psikoterapi;
D7. Mampu menghafal asmaul-husna dan pengamalannya sebagai teknik terapi kejiwaan dalam rangka membangun ketenangan dan ketentraman kejiwaan manusia sebagai makhluk relegi dan makhluk sosial;
D8. Mampu menghafal hadis-hadis tematik terkait dengan tasawuf dan kesehatan mental.

 

Dokumen bisa diunduh disini