Ushuluddin, Adab & Dakwah | IAIN Pekalongan

Capaian Pembelajaran Lulusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

E-mail Print PDF

Capaian Pembelajaran Lulusan
Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Jenjang Sarjana (Level 6 dalam KKNI)

A. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Sikap dan Tata Nilai
A1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius dalam kehidupan perseorangan, masyarakat dan bangsa;
A2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalaam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
A3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
A4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
A5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain;
A6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
A7. Menunjukkan sikap taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
A8. Meninternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam kehidupan di masyarakat dan di negara;
A9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri;
A10. Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan di tempat tugas dan di masyarakat;
A11. Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman dalam kehidupan di masyarakat dan di negara;
A12. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya;
A13. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi masyarakat;
A14. Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self-direction), secara baik dan penuhinisitaif di tempat tugas;
A15. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;
A16. Menunjukkan etos kerja, rasa bangga, percaya diri dan menghargai bidang tugas sebagai praktisi komunikasi dan penyiaran islam dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan;
A17. Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan secara mandiri di bidang pengembangan komunikasi dan penyiaran islam dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan;
A18. Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pelaksanaan tugas komunikasi dan penyiaran agama islam pada masyarakat.


B. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Pengetahuan
B1.Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
B2. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
B3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
B4. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
B5. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin
B6. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
B7. Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global;
B8. Menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan teori komunikasi dan penyiaran Islam, dakwah, dasar-dasar tabligh, penyiaran, jurnalistik, periklanan, public relations, literasi informasi, dalam bentuk teoritik dan empirik serta dan tata cara dalam ceramah umum, khutbah, orasi pada beberapa event;
B9. Menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan pengelolaan media komunikasi dan penyiaran Islam yang baik, kreatif, inovatif, produktif, dan adaptif sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi;
B10. Menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan konsep, filosofi, metode disiplin keilmuan (body of knowledge) ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islami yang relevan;
B11. Menguasai materi dakwah (kajian Alquran, hadis, ilmu kalam, ushul fiqih dan fiqih dan sejarah kebudayaan Islam) sebagai substansi dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam komunikasi dan penyiaran Islam;
B12. Menguasai pengetahuan bidang penyiaran, public speaking, programmer media penyiaran Islam, kehumasan, MC, keprotokalan, perancangan dan desain agenda, advokasi kebijakan media, literasi informasi, publikasi informasi melalui periklanan (advertising) baik pada media cetak, elektronik maupun on line.


C. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Keterampilan Umum
C1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
C2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
C3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
C4. Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
C5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
C6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
C7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
C8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
C9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi;
C10. Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasidan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
C11. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
C12. Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja;
C13. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid;
C14. Mampu menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma);
C15. Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.


D. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Keterampilan Khusus
D1. Mampu melaksanakan dakwah Islam yang persuasif, humanis dan moderat berdasarkan keilmuan dan etika dakwah;
D2. Mampu menulis materi dakwah di media cetak, elektronik dan media on line sebagai wujud dari keahlian komunikasi dan penyiaran Islam dalam masyarakat;
D3. Mampu dan terampil dalam aspek teknis hubungan publik dan komunitas (public and community relation technical framework) misalnya sebagai Event Organizer, Public Relations Officer (PRO), Media Relation Officer, dan lain-lain.
D4. Mampu menjadi advokasi dan kebijakan media komunikasi (advocacy and policy of media and communication channel framework), misalnya analis isi media massa, aktivis advokasi media, pembuat kebijakan dan lain-lain;
D5. Mampu mengelola pengarusutamaan literasi informasi (information literacy mainstreaming Framework) misalnya sebagai trainer, juru penerang dan lain-lain;
D6. Mampu menjadi da’i profesionalis (Professional da’i Framework), misalnya sebagai mubaligh, orator, penulis buku-buku Islami dan lain-lain;
D7. Mampu melakukan mediasi dalam mengatasi konflik sosial keagamaan, antar da’i, dan media dalam masyarakat multi agama;
D8. Mampu menyusun program, desain dan pengembangan media komunikasi penyiaran Islam berdasarkan kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi;
D9. Mampu menjalankan fungsi kehumasan pada instansi pemerintah dan swasta (tenaga PR), mengelola event-event seremonial (keprotokolan) sebagai wujud dari keahlian komunikasi dan penyiaran Islam di masyarakat;
D10. Mampu mendesain, mengelola dan mengembangkan lembaga komunikasi dan penyiaran Islam;
D11. Mampu mengkaji berbagai regulasi yang terkait dengan program komunikasi dan penyiaran Islam;
D12. Mampu melaksanakan penyiaran, sinematografi, fotografi, shooting, editing, dubbing, dan kegiatan komunikasi dan penyiaran lainnya;
D13. Mampu mengelola produksi siaran radio/televisi, media cetak dan media on line;
D14. Mampu menciptakan karya-karya kreatif dalam industri media seperti spot iklan radio dan televisi, desain grafis untuk media cetak dan on line, film-film pendek dan dokumenter yang bernuansa islami sebagai media komunikasi dan penyiaran Islam;
D15. Mampu menghafal ayat-ayat dan hadis-hadis tematik untuk kegiatan penyiaran Islam pada masyarakat

 

Dokumen bisa diunduh disini