Ushuluddin, Adab & Dakwah | IAIN Pekalongan

Capaian Pembelajaran Lulusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir

E-mail Print PDF

Capaian Pembelajaran Lulusan
Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Jenjang Sarjana (Level 6 dalam KKNI)


A. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Sikap dan Tata Nilai
A1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius dalam kehidupan perseorangan, masyarakat dan bangsa;
A2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalaam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
A3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
A4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
A5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain;
A6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
A7. Menunjukkan sikap taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
A8. Meninternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam kehidupan di masyarakat dan di negara;
A9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri;
A10. Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan di tempat tugas dan di masyarakat;
A11. Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman dalam kehidupan di masyarakat dan di negara;
A12. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya;
A13. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi masyarakat;
A14. Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self-direction), secara baik dan penuhinisitaif di tempat tugas;
A15. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;
A16. Menunjukkan etos kerja, rasa bangga, percaya diri dan menghargai bidang tugas penafsiran al-Qur’an dan pengembangannya dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan;
A17. Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan secara mandiri di bidang pengembangan tasawuf dan psikoterapi dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan;
A18. Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pengembangan kajian ilmu AL-Quran dan penyampaiannya dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan.


B. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Pengetahuan
B1.Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
B2. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
B3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
B4. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
B5. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin
B6. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
B7. Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global;
B8. Menguasai pengetahuan tentang ilmu-ilmu al-Qur’an dan tafsir untuk membaca dan memahami tafsir Al-Qur’an secara baik dan tepat;
B9. Menguasai pengetahuan tentang metodologi penafsiran al-Quran dan beragam aliran tafsir;
B10. Menguasai pengetahuan tentang sejarah al-Qur’an dan tafsir serta perkembangan tafsir di nusantara;
B11. Menguasai ilmu alat berupa bahasa Arab untuk membaca dan memahami tafsir al-Qur’an secara baik dan tepat.

C. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Keterampilan Umum
C1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
C2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
C3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
C4. Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
C5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
C6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
C7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
C8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
C9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi;
C10. Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasidan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
C11. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
C12. Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja;
C13. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid;
C14. Mampu menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma);
C15. Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.


D. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Keterampilan Khusus
D1. Mampu mendesain dan mengembangkan syi’ar dan pemahaman kandungan al-Qur’an dan tafsirnya berbasis teknologi informasi;
D2. Mampu mendesain aplikasi berdasarkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kaitan dengan ayat-ayat al-Qur’an dan tafsirnya dalam bentuk digital sesuai dengan kemajuan teknologi informasi;
D3. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ketentuan ilmu qira’at dan ilmu tajwid;
D4. Mampu menerjemahkan al-Qur’an berdasarkan kaidah bahasa dan kaidah penerjemahan;
D5. Mampu menghafal al-Qur’an juz 1 dan 30 dalam al-Qur’an;
D6. Mampu membaca ragam kitab tafsir al-Qur’an dari sumber aslinya;
D7. Mampu mengkontekstualisasikan makna kandungan al-Qur’an dan tafsirnya dengan dinamika kehidupan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
D8. Mampu menyebarluaskan al-Qur’an dan tafsirnya kepada masyarakat dalam rangka syi’ar agama di dalam kehidupan sosial keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan.

 

Dokumen bisa diunduh disini