Capaian Pembelajaran Lulusan Manajemen Dakwah

Print

Capaian Pembelajaran Lulusan
Program Studi Manajemen Dakwah
Jenjang Sarjana (Level 6 dalam KKNI)

 

A. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Sikap dan Tata Nilai
A1.  Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius dalam kehidupan perseorangan, masyarakat dan bangsa;
A2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalaam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
A3.  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
A4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
A5.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain;
A6.  Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
A7.  Menunjukkan sikap taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
A8.  Meninternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam kehidupan di masyarakat dan di negara;
A9.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
A10. Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan di tempat tugas dan di masyarakat;
A11. Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman dalam kehidupan di masyarakat dan di negara;
A12. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya;
A13. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi masyarakat;
A14. Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas;
A15. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;
A16. Menunjukkan etos kerja, rasa bangga, percaya diri dan menghargai bidang tugas menjadi pengelola dakwah;
A17. Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang manajemen dakwah secara mandiri;
A18. Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pelaksaan tugas manajemen dakwah pada masyarakat.

 

B. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Pengetahuan
B1. Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
B2. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
B3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
B4. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
B5. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin;
B6. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
B7. Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global;
B8. Menguasai pengetahuan terkait dengan pengelolaan lembaga dan aktivitas dakwah secara baik dalam aspek perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan lembaga dan aktivitas dakwah;
B9. Menguasai pengetahuan terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunasi dalam kegiatan dan manajemen lembaga dakwah (Lembaga KBIH Haji-Umroh, lembaga Zakat, Infak dan Shadaqoh (ZIS), Pesantren, Panti Asuhan, lembaga perjalanan wisata agama dan lembaga dakwah lainnya), kepemimpinan dan kewirausahaan pada lembaga dakwah secara tepat;
B10. Menguasai pengetahuan berkaitan dengan filosofi, konsep, landasan, disiplin keilmuan (body of knowledge) manajemen dakwah, metodologi penelitian dan pengembangan manajemen dakwah;
B11. Menguasai pengetahuan bidang manajemen lembaga keuangan Islam yang dicerminkan dalam kemampuan memahami sistem ekonomi dan fiqh muamalah, manajemen operasional, pemasaran, dan sistem informasi keuangan serta manajemen resiko;
B12. Menguasai pengetahuan bidang manajemen Sumber Daya Manusia lembaga dakwah dalam aspek perencanaan dan pengelolaan SDM, pelatihan dan pengembangan SDM, manajemen kinerja serta budaya organisasi;
B13. Menguasai pengetahuan berkaitan dengan kegiatan dan manajemen penyelenggaraan haji dan umroh yang mencakaup sejarah dan filosofi haji-umroh, figh haji-umroh, manajemen penyelenggaraan haji-umroh dan wisata keagamaan, pembimbingan haji-umroh, serta manajemen lembaga penyelenggara haji-umroh (KBIH) dan wisata keagamaan;

 

C. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Keterampilan Umum Deskripsi Capaian Pembelajaran
C1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
C2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
C3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
C4. Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
C5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
C6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
C7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
C8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
C9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi;
C10. Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
C11. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
C12. Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja;
C13. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid;
C14. Mampu menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma);
C15. Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.

 

D. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Bidang Keterampilan Khusus
D1. Mampu menyusun perencanaan dan strategi pengembangan lembaga dakwah (Lembaga KBIH Haji-Umroh, lembaga Zakat, Infak dan Shadaqoh (ZIS), Pesantren, Panti Asuhan, lembaga perjalanan wisata agama dan lembaga dakwah lainnya), berbasis analisis data dan informasi;
D2. Mampu menyusun instrumen penilaian, menganalisis, dan menilai kinerja lembaga dakwah (Lembaga KBIH Haji-Umroh, lembaga Zakat, Infak dan Shadaqoh (ZIS), Pesantren, Panti Asuhan, lembaga perjalanan wisata agama dan lembaga dakwah lainnya);
D3. Mampu memetakan dan menganalisis kebutuhan, perencanaan dan pengembangan SDM lembaga dakwah (Lembaga KBIH HajiUmroh, lembaga Zakat, Infak dan Shadaqoh (ZIS), Pesantren, Panti Asuhan, lembaga perjalanan wisata agama dan lembaga dakwah lainnya) dan mengelola traning/pelatihan pembinaan keagamaan;
D4. Mampu mengelola kegiatan dakwah (event organizing) baik secara kelembagaan maupun secara perorangan;
D5. Mampu menghafal ayat-ayat dan hadis-hadis tematik untuk kegiatan dakwah.

 

Dokumen bisa diunduh disini